Loading...
Friday Colloquium (FRICAS)Updates

Friday Colloquium of Aisyiyah Studies

Sejak memasuki abad ke-2 semenjak didirikan pada tahun 1917, Aisyiyah sesungguhnya menghadapi perubahan generasi yang dikenal dengan Generasi Z. Dengan usia gerakan yang telah melintasi zaman, Aisyiyah sebenarnya tidak terlalu gamang menghadapi perubahan seperti ini. Meskipun demikian, Generasi Z tetaplah sebuah segment yang berbeda dari generasi-generasi sebelumnya yang memiliki karakter yang khas. Mereka akan menjadi sumber pengkaderan bagi Aisyiyah sebagai “darah segar”, dan sekaligus sebagai sasaran dakwah gerakan Aisyiyah. Oleh karena itu, The Aisyiyah Center menyelenggarakan seragkaian diskusi intensif yang dikemas dengan nama Friday Colloquium of Aisyiyah Studies (FRICAS).

Kami mengajak para akademisi, aktivis, peneliti, dan pemerhati Aisyiyah studies untuk terlibat dalam rangkaian diskusi ini. Pada putaran pertama ini mengambil tema besar tentang Aisyiyah dan Strategi Adaptasi Perubahan Lintas-Generasi.

Pendahuluan

Tema Muktamar Aisyiyah ke-48 semakin meneguhkan komitmen Aisyiyah sebagai Gerakan Perempuan Berkemajuan. Dengan tema Perempuan Berkemajuan Mencerahkan Peradaban Bangsa, Aisyiyah berkomitmen untuk memberikan kontribusi bagi ummat dan bangsa dengan mengusung tema Islam Berkemajuan bagi perempuan.

Tentu prinsip tersebut akan berhadapan dengan perubahan lintas-generasi. Sejak awal abad ke-21, sebuah generasi baru telah tumbuh bersama kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi baru. Mereka tumbuh di tengah revolusi industri 4.0 yang dikarakterisasi oleh percepatan informasi dan komunikasi. Mereka dikenal dengan Generasi Z.

Perubahan lintas-generasi ini meniscayakan pertumbuhan cara pandang dan gaya hidup baru hampir di semua segment: sosial, budaya, ekonomi, keagamaan, dan lain-lain. Mereka tumbuh dengan berbagai macam kemudahan, sekaligus menghadapi berbagai tantangan baru yang berbeda dari generasi sebelumnya.

Sebagai sebuah gerakan perempuan yang mengusung tema Islam Berkemajuan, Aisyiyah terus beradaptasi menghadapi realitas perubahan lintas-generasi itu. Sebagai sebuah gerakan dakwah, Aisyiyah juga harus antisipatif terhadap dinamika tersebut, karena anak-anak muda yang tumbuh sebagai generasi Z itu juga merupakan garda terdepan bagi Gerakan Perempuan Islam Berkemajuan.

BACA JUGA:   Rencana Operasional Program 2023-2024

The Aisyiyah Center Universitas Aisyiyah Yogyakarta sebagai pusat studi yang mengembangkan Aisyiyah studies mencoba memetakan pola-pola perubahan dalam dinamika sosial itu secara tematik untuk mengintroduksi pendekatan dan konsep-konsep metodologis baru untuk membantu Aisyiyah dalam pengembangan dakwah bagi Generasi Z. Gagasan ini akan dikemas dalam serial diskusi yang diselenggarakan secara tematik oleh The Aisyiyah Center.

Tujuan

Kegiatan ini bertujuan untuk memetakan pola-pola perubahan dalam dinamika sosial itu secara tematik untuk mengintroduksi pendekatan dan konsep-konsep metodologis baru untuk membantu Aisyiyah dalam pengembangan dakwah bagi Generasi Z, sekaligus merangsang tema-tema baru dalam riset tentang Aisyiyah.

Bentuk Kegiatan

Gagasan ini akan dilakukan dalam bentuk Serial Diskusi yang dikemas dengan nama Friday Colloquium of Aisyiyah Studies (FRICAS).

Pelaksanaan

Kegiatan ini akan dilangsungkan secara offline (luring) 2 minggu sekali: hari Jumat, jam 13.00 – 15.00 WIB di Discourse Laboratory The Aisyiyah Center Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Bagi yang tinggal di luar Yogyakarta akan difasilitasi secara online (daring) melalui zoom.

Peserta

Peserta kegiatan ini dibatasi hanya 20 orang yang bersedia secara aktif terlibat dalam diskusi. Oleh karena itu, peserta kegiatan ini diprioritaskan bagi kalangan akademisi, aktivis, peneliti, dan pemerhati Aisyiyah studies. Setiap peserta aktif akan mendapatkan sertifikat. Mereka harus mendaftar terlebih dahulu sebagai komitmen terhadap kegiatan ini melalui formulir di bawah Terms of Reference ini.

Output

Output kegiatan ini ialah penerbitan book series yang ditulis dan dikembangkan dari diskursus yang berkembang dalam serial diskusi ini. Juga,

Tema

Friday Colloquium of Aisyiyah Studies ini akan dilaksanakan dalam beberapa putaran. Dalam Putaran 1 Friday Colloquium ini akan dibahas beberapa tema sebagai berikut:

BACA JUGA:   Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi Remaja
TGLTEMADISCUSSANT
16
Des
22
Strategi Aisyiyah dalam Menyongsong Kader Baru dari Kalangan Gen ZSalmah Orbayinah, Dr., Apt.
30
Des
22
Perempuan dan Tantangan Pendidikan bagi Generasi Z dan AlfaMuhammad Sayuti, Ph.D.
13
Jan
23
Perempuan dan Inovasi Sains-Teknologi di Kalangan Gen ZFaizah, Ph.D Cand.
27
Jan
23
Perempuan dan Ketahanan Kesehatan Reproduksi Gen ZAndari Wuri Astuti, Ph.D.
10
Feb
23
Perempuan dan Tantangan Ekonomi Generasi ZAkbar Susamto, Ph.D.
24
Feb
23
Perempuan dan Leadership Gen ZKetua Umum PP IPM
10
Mar
23
Perempuan dan Religiusitas di Kalangan Gen ZAskuri, Dr.
24
Mar
23
Perempuan dan Pelestarian Lingkungan di Kalangan Gen ZHening Parlan
07
Apr
23
Perempuan dan Aspirasi Politik Gen ZDavid Effendi, M.A.
21
Apr
23
Perempuan Gen Z dan Pertumbuhan Teknologi Digital MutakhirElis Zuliati Anis, Ph.D.
05
Mei
23
Perempuan dan Aktivisme Sosial di Kalangan Gen ZKetua Umum PP Nasyiatul Aisyiyah
19
Mei
23
Perempuan Gen Z dan Nilai-Nilai Keluarga Trias Setiawati, Dr.
02
Juni
23
Strategi Dakwah bagi Gen ZSiti Syamsiyatun, Dr.
16
Jun
23
Perempuan dan Gaya Hidup Baru Gen ZTaufiqur Rahman, Ph.D.
30
Jun
23
Gerakan Mahasiswa dalam perspektif Gen ZKetua DPD IMM DIY
14
Jul
23
Refleksi Peran Aisyiyah Lintas-GenerasiSiti Noordjannah Djohantini, Dr.
28
Jul
22
Workshop Kebijakan: Aisyiyah dan Strategi Adaptasi Perubahan Lintas-GenerasiFasilitator:
Askuri, Dr.

Penutup

Demikian outline kegiatan Friday Coloquioum ini, semoga menjadi forum yang bermanfaat bagi peta dakwah Aisyiyah mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *