Loading...
ResearchSekolah Riset Aisyiyah (SRA)Updates

Menjadi Perempuan Syiah di Indonesia

Dalam rangka mendorong tumbuhnya minat riset tentang Aisyiyah, The Aisyiyah Center Universitas Aisyiyah Yogyakarta menyelenggarakan “Sekolah Riset Aisyiyah“. Kegiatan ini merupakan serial diskusi kecil yang membahas hasil-hasil riset tentang Aisyiyah dan perempuan di Indonesia. Beberapa artikel jurnal atau buku yang membahas tentang Aisyiyah dan perempuan Indonesia dibahas dalam serial diskusi ini.


  • Topik: Being Shi’ite women in Indonesia’s Sunni-populated community: Roles and relations among themselves and with others
  • Penulis: Iim Halimatusa’diyah, Guru Besar Sosiologi UIN Jakarta
  • Pelaksanaan: 15 Agustus 2023, di Sekretariat The Aisyiyah Center Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Tulisan ini menganalisis keberadaan perempuan Syi’ah di Indonesia sebagai kelompok agama minoritas. Meskipun kajian terhadap berbagai aspek kehidupan dan organisasi perempuan dalam konteks Indonesia semakin meningkat, hanya sedikit yang membahas isu agama dan perempuan, khususnya perempuan dari kelompok agama minoritas. Hanya dalam beberapa tahun terakhir para ulama lebih memperhatikan divisi perempuan organisasi Muslim, dengan fokus terutama pada organisasi perempuan Muslim Sunni seperti Aisyiyyah, Muslimat NU, Persistri dan Al-Irsyad. Namun, informasi tentang gender dan peran perempuan dalam kelompok agama minoritas masih sulit ditemukan. Makalah ini mengisi celah ini dengan bekerja menuju pemahaman yang lebih baik tentang posisi dan peran perempuan Syi’ah dalam komunitas Syi’ah mereka dan dalam masyarakat Indonesia pada umumnya. Subjek penelitian ini adalah Fathimiyyah, Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI), sebuah organisasi Syiah Indonesia yang didirikan pada tahun 2000.

BACA JUGA:   The Venue of GCWRI
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *