Loading...

The Aisyiyah Center

 

Sebagai sebuah gerakan, organisasi ‘Aisyiyah telah berusia lebih dari satu abad. Tidak banyak organisasi yang bisa bertahan lebih dari seratus tahun, apalagi tetap memberi makna bagi perjalanan umat Islam, perempuan, dan keluarga Indonesia. Namun, ‘Aisyiyah mampu menunjukkan ketahanan dalam perjalanan sejarah dan mampu bertahan melalui karya-karya kehormatan dan perekat nasionalisme.

Tentunya banyak hal yang bisa menjadi tonggak sejarah bagi ‘Aisyiyah: program pemberdayaan, tokoh inspiratif, wacana penyemangat dan penenang, kebangkitan usaha bisnis, dan terobosan-terobosan yang mencerahkan. Semua itu menjadi pengalaman yang menginspirasi untuk berkontribusi bagi umat dan bangsa.

Pengalaman Aisyiyah di mana-mana di berbagai pelosok negeri ini perlu digali agar menjadi sistem ilmu yang bermanfaat dan menginspirasi bagi gerakan perempuan, gerakan Islam, dan gerakan publik masa kini dan masa depan. Sistem pengetahuan ini dapat ditumbuhkan melalui penelitian akademis dan partisipatif, baik yang dilakukan oleh akademisi, peneliti, aktivis, maupun kelompok kritis.

Untuk mewujudkan upaya ilmiah dalam membangun sistem pengetahuan yang komprehensif tentang ‘Aisyiyah, maka atas mandat Pimpinan Pusat Aisyiyah, Universitas Aisyiyah Yogyakarta mendirikan The Aisyiyah Center sebagai Pusat Studi Aisyiyah (Center of Aisyiyah Studies). Pusat studi ini mengembangkan berbagai program sebagai terobosan untuk membangun sistem pengetahuan yang komprehensif tentang ‘Aisyiyah di tengah berbagai varian gerakan perempuan di Indonesia dan dunia.

 

STRUKTUR ORGANISASI
   
Penasehat:Dr. Siti Noordjannah Djohantini, M.Si.
Warsiti, S.Kp., M.Kep., Sp.Mat
Taufiqur Rahman, SIP., MA., Ph.D
Yuli Isnaeni, S.Kp., M.Kep., Sp.Kom
Dr. Mufdlilah, S.SiT., M.Sc
Ketua:Dr. Askuri
Sekretaris:Fitri Maulidah Rahmawati
Penanggung Jawab Bidang Kajian:Nor Eka Noviani
Penanggung Jawab Bidang Riset:Endang Koni Suryaningsih
Penanggung Jawab Bidang Publikasi:Erwin Rasyid
Penanggung Jawab Bidang Kearsipan: